Readers, bagi para penggemar bus
khususnya.. Pasti tidak asing dengan nama satu ini : AdiPutro. Ya,
karoseri ternama asal malang ini baru saja pada event GIIAS 2015 kemarin
melahirkan karya terbaiknya yaitu Jetbus 2+ SHD yang ditenagai Scania K360iB
dan Jetbus 2+ SDD (Double Decker) yang ditenagai oleh Mercedes – Benz
OC 500 RF 2542. Ini tentu bukan proses instan sejak pertama kalinya
AdiPutro berdiri tahun 1973..

1973 adalah titik awal dari Karoseri
AdiPutro. Dimulai dari ide Kakak – Adik yang bekerja di sebuah dealer
otomotif. Pada saat itu, mereka melihat bahwa pasar cenderung
membutuhkan kendaraan penumpang dibandingkan kendaraan pengangkut
barang, sehingga mereka memulai untuk berkreasi merubah sebuah Pick – Up
keluaran Mitsubishi. Colt T-120 pick up pun dirubah jadi kendaraan
penumpang dengan mengandalkan kerjasama pada Karoseri Lain.
Minibus Mitsubishi Colt T 120 karya karoseri Adiputro
Tentunya usaha mereka ini mendapat respon
baik dari masyarakat di kala itu. Mereka juga bisa memenuhi akan
kebutuhan pasar saat itu. Berkat keuletan dan pengalaman mereka,
akhirnya mereka membangun sendiri sebuah karoseri kecil di tahun 1973.
Mereka akhirnya berfokus pada pembuatan minibus berbasis pick – up dan
usaha ini berkembang pesat dalam kurun waktu 2 tahun.
Akhirnya.. pada 1975 Resmi berdiri
Karoseri yang mereka beri nama AdiPutro, bermarkas dan beroperasi di
Kota Malang hingga saat ini. Mereka sadar bahwa kualitas adalah nomor
satu, Maka mereka terus mempertajam kemampuan yang ada dalam berkreasi
dan menambah investasi berupa mesin – mesin untuk meningkatkan mutu
pengerjaan mereka yang dikenal dengan istilah Full Pressed Body.
Baca Juga :
Improvisasi terus dilakukan dan pada
medio 1980 an tepatnya tahun 1986, mereka mulai menggunakan pengecatan
dengan sistem Oven yang menjamin kualitas dari cat body mereka yang
tahan lama dan berkualitas tinggi. Pada 1989 AdiPutro mulai melebarkan
sayap dengan membuka kantor marketing di Kota Jakarta dan sebuah
workshop / pabrik perakitan untuk produk AdiPutro di Kota Bekasi (yang
kini berfokus di pengerjaan bodi minibus).
bus pertama adiputro pada 1994๐
Kesempatan emas datang pada tahun 1994
ketika AdiPutro melakukan kerjasama dengan Pabrikan Bus ternama asal
Jerman, Mercedes – Benz. Melalui kerjasama ini, AdiPutro mengirim tenaga
ahli terbaiknya ke Stuttgart, Jerman untuk belajar mengenai proses
pembuatan body dan perakitan yang berstandar internasional. Kini nama
Adi Putro sudah dikenal sebagai salah satu Produsen Karoseri terbaik di
Asia Tenggara.
Adiputro Old Travego milik OBL, ditenagai Mercedes Benz OH 1521๐
Jetbus HD milik Nusantara, ditenagai pabrikan Swedia, Scania K380๐
proses pengerjaan jetbus hd๐
AdiPutro Neoplan yang digunakan Garuda Indonesia๐

Jetbus HD yang digunakan oleh Budiman, ditenagai Mercedes – Benz O 500 R 1836๐

Adiputro Setra Sinar Jaya, Ditenagai oleh Hino RG๐

Adiputro Jetbus HD yang digunakan Putra Pelangi๐
Banyak karya mereka yang kini mendominasi
lintas tanah air. Sebut saja karoseri Adiputro Jetbus Series (2 HD, HD,
MD, CT, MC), Setra (2003-2007), New Setra( 2+SDD, 2+SHD, 2015-),
Travego, Marcopolo, Neoplan, Tourismo, Van Hool, dan beberapa custom
sesuai request pemilik PO seperti Erobus FD yang digunakan Efisiensi
serta Irizar yang Adiputro Re-Make sesuai dengan basic aslinya Scania
Irizar (digunakan Untuk PO Nusantara).
Untuk detail dan ciri khas masing –
masing Tipe insyaallah akan dibahas dalam artikel – artikel mendatang.
Semoga Bermanfaat ya๐ . (imt)
foto & source : AdiPutro, Bismania, Google
Sumber :
Readers, bagi para penggemar bus
khususnya.. Pasti tidak asing dengan nama satu ini : AdiPutro. Ya,
karoseri ternama asal malang ini baru saja pada event GIIAS 2015 kemarin
melahirkan karya terbaiknya yaitu Jetbus 2+ SHD yang ditenagai Scania K360iB
dan Jetbus 2+ SDD (Double Decker) yang ditenagai oleh Mercedes – Benz
OC 500 RF 2542. Ini tentu bukan proses instan sejak pertama kalinya
AdiPutro berdiri tahun 1973..

1973 adalah titik awal dari Karoseri
AdiPutro. Dimulai dari ide Kakak – Adik yang bekerja di sebuah dealer
otomotif. Pada saat itu, mereka melihat bahwa pasar cenderung
membutuhkan kendaraan penumpang dibandingkan kendaraan pengangkut
barang, sehingga mereka memulai untuk berkreasi merubah sebuah Pick – Up
keluaran Mitsubishi. Colt T-120 pick up pun dirubah jadi kendaraan
penumpang dengan mengandalkan kerjasama pada Karoseri Lain.
Minibus Mitsubishi Colt T 120 karya karoseri Adiputro
Tentunya usaha mereka ini mendapat respon
baik dari masyarakat di kala itu. Mereka juga bisa memenuhi akan
kebutuhan pasar saat itu. Berkat keuletan dan pengalaman mereka,
akhirnya mereka membangun sendiri sebuah karoseri kecil di tahun 1973.
Mereka akhirnya berfokus pada pembuatan minibus berbasis pick – up dan
usaha ini berkembang pesat dalam kurun waktu 2 tahun.
Akhirnya.. pada 1975 Resmi berdiri
Karoseri yang mereka beri nama AdiPutro, bermarkas dan beroperasi di
Kota Malang hingga saat ini. Mereka sadar bahwa kualitas adalah nomor
satu, Maka mereka terus mempertajam kemampuan yang ada dalam berkreasi
dan menambah investasi berupa mesin – mesin untuk meningkatkan mutu
pengerjaan mereka yang dikenal dengan istilah Full Pressed Body.
Baca Juga :
Improvisasi terus dilakukan dan pada
medio 1980 an tepatnya tahun 1986, mereka mulai menggunakan pengecatan
dengan sistem Oven yang menjamin kualitas dari cat body mereka yang
tahan lama dan berkualitas tinggi. Pada 1989 AdiPutro mulai melebarkan
sayap dengan membuka kantor marketing di Kota Jakarta dan sebuah
workshop / pabrik perakitan untuk produk AdiPutro di Kota Bekasi (yang
kini berfokus di pengerjaan bodi minibus).
bus pertama adiputro pada 1994๐
Kesempatan emas datang pada tahun 1994
ketika AdiPutro melakukan kerjasama dengan Pabrikan Bus ternama asal
Jerman, Mercedes – Benz. Melalui kerjasama ini, AdiPutro mengirim tenaga
ahli terbaiknya ke Stuttgart, Jerman untuk belajar mengenai proses
pembuatan body dan perakitan yang berstandar internasional. Kini nama
Adi Putro sudah dikenal sebagai salah satu Produsen Karoseri terbaik di
Asia Tenggara.
Adiputro Old Travego milik OBL, ditenagai Mercedes Benz OH 1521๐
Jetbus HD milik Nusantara, ditenagai pabrikan Swedia, Scania K380๐
proses pengerjaan jetbus hd๐
AdiPutro Neoplan yang digunakan Garuda Indonesia๐

Jetbus HD yang digunakan oleh Budiman, ditenagai Mercedes – Benz O 500 R 1836๐

Adiputro Setra Sinar Jaya, Ditenagai oleh Hino RG๐

Adiputro Jetbus HD yang digunakan Putra Pelangi๐
Banyak karya mereka yang kini mendominasi
lintas tanah air. Sebut saja karoseri Adiputro Jetbus Series (2 HD, HD,
MD, CT, MC), Setra (2003-2007), New Setra( 2+SDD, 2+SHD, 2015-),
Travego, Marcopolo, Neoplan, Tourismo, Van Hool, dan beberapa custom
sesuai request pemilik PO seperti Erobus FD yang digunakan Efisiensi
serta Irizar yang Adiputro Re-Make sesuai dengan basic aslinya Scania
Irizar (digunakan Untuk PO Nusantara).
Untuk detail dan ciri khas masing –
masing Tipe insyaallah akan dibahas dalam artikel – artikel mendatang.
Semoga Bermanfaat ya๐ . (imt)
foto & source : AdiPutro, Bismania, Google
thanks for my friend yg telah mensupport saya : )
0 komentar:
Posting Komentar